Senin, 17 Desember 2012

Hemat Resource Daya dengan Jupiter

Masih terngiang dikepala tentang pemanfaatan sumber daya yang dipakai oleh piranti keras disekitar kita, pada kesempatan ini saya akan sedikit sharing tentang salah satu aplikasi yang disediakan oleh Linux untuk menghemat pemakaian daya pada laptop atau PC yang digunakan. Sebenarnya, sudah beberapa bulan ini saya menggunakan aplikasi ini, hanya saja baru sempat kepikiran untuk menulis tentang artikel ini :v. Sering kali kita menggunakan PC atau Laptop kita dalam kurung waktu yang cukup lama, karena berbagai kegiatan yang kita kerjakan pada PC atau Laptop kita ini, sehingga mungkin sering terjadi Overhaet. . . atau panas yang berlebihan karena pemakain yang terlalu lama sehingga menyebabkan PC atau Laptop kita kepanasan. Salah satu cara yang dibuat untuk menangani hal ini adalah dengan membuat sebuah Software yang berjalan dibawah platform Linux yang dikenal dengan Jupiter.  

Jupiter merupakan sebuah aplikasi berbasis GNU yang ringan dan berfungsi untuk mengontrol kinerja dari suatu mesin agar dapat menghindari Overheating. . . dan dapat digunakan untuk menghemat penggunaan resource Battrei pada PC atau Laptop / Resource memory sehingga kerja CPU menjadi lebih ringan...

Jupiter dapat di install di platform Linux "Debian" dan turunannya dengan mengikuti dan menjalankan perintah berikut pada CLI (terminal) CTRL + Alt + T :

Ketikkan,
$sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/jupiter && apt-get update
$sudo apt-get install jupiter

Setelah Jupiter terinstall diterminal, silahkan me-restart PC atau Laptopta, kemudian Jupiter akan berjalan secara otomatis dan baik. Dan silahkan mensetting Jupiter sesuai dengan kebutuhan PC atau Laptop anda.

Tidak ada komentar

Posting Komentar