Minggu, 12 Februari 2012

Apa sih Kehebatan USB 3.0 ? ? ?

Setelah melihat Box HDD External taman saya, saya heran dengan ujung USB yang dicolokkan pada box HDD, "ko modelnya tidak sama dengan punyaku? ? ?". Setelah menanyakannya, ternyata USB yang digunakannya adalah USB 3.0. Wah wah, rupanya saya masih tertinggal Informasi nih, hehe :D. Apa sih kehebatan dari USB 3.0 ini? ? ?  Apakah, karena modelnya yang lebih istimewa dibandingkan dengan USB 2.0 atau ada hal yang lebih istimewa lagi dari USB 3.0 ini? ? ? Mari kita baca artikel di bawah ini. 

USB 3.0
Berbeda dengan USB 2.0, teknologi USB 3.0 diperkenalkan sejak tahun 2007. Keunggulan yang diusung oleh USB 3.0 bila dibandingkan USB 2.0 adalah kecepatan transfer datanya(transfer rate) yang mampu mencapai 5 Gbit/detik. Wow, hampir 10x lipatUSB 2.0 kan? Perbedaan lain adalah permasalahan panjang kabel data. Jika pada USB 2.0, Anda disarankan manambah panjang kabel dengan maksimal 3 M untuk menjaga kecepatan transfer data tetap akurat. Di USB 3.0, panjang kabel bukan lagi faktor yang mempengaruhi kecepatan transfer data. Selain itu, USB 2.0 memerlukan suplai maksimal daya sebesar 900 mA. Kelebihan lain USB 3.0 dibandingan dengan USB 2.0 adalah sifatnya yang full duplex, artinya bahwa USB host dapat melakukan send and receive data secara terus menerus. Sedangkan untuk pin steker, USB 3.0 memiliki pin berjumlah 5 buah.


Kelemahan USB 3.0
Salah satu kekurangan USB 3.0 adalah belum ada dukungan dari sistem operasi. Sementara ini, Anda harus meng*install driver tambahan dari vendor tersebut agar bisa mendukung teknologi USB 3.0. Selain itu, baru sedikit perangkat keras (hardware) yang sudah mensupport USB 3.0. Oleh karena itu, hanya sedikit diantara banyak orang yang telah mencicipi teknologi USB 3.0 ini.

Tidak ada komentar

Posting Komentar